Minggu, 06 Mei 2012

Tips untuk mengurangi nyeri saat haid

Sering gak kalian ngerasa nyeri banget diperut kalau sedang haid? Naah, tidak sedikit para wanita yang merasakan nyeri pada saat haid, bahkan ada yang sampai jatuh pingsan karena rasa nyeri yang sangat hebat dirasakannnya. Kita sebenarnya harus waspada terhadap nyeri haid yang sangat hebat atau berat, apalagi jika berat badan kita tiba2 menurun meski tidak melakukan diet dan nafsu makan menghilang. Menurut penelitian itu merupakan gejala-gejala kanker ovarium. (hiiiii...)
Nyeri haid bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan suatu gejala. Istilah dismenorea biasa dipakai untuk nyeri haid yang cukup berat dimana penderita mengobati sendiri dengan analgesik atau sampai memeriksakan diri ke dokter.
Dismenorea berat adalah nyeri haid yang disertai mual, muntah, diare, pusing, nyeri kepala, dan (terkadang) pingsan. Salah satu penyebab terjadinya nyeri haid yang sangat berat karena Endometriosis.

ini nih, beberapa tips yg bisa kalian coba untuk mengurangi nyeri ketika lagi haid :
1. Kompreslah bagian yang dirasakan sakit dengan menggunakan botol berisi air hangat.
2. Usap-usap secara perlahan bagian perut ataupun pinggang.
3. Minumlah minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
4. Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
5. Ambil posisi menungging sehingga rahim tergan­tung ke bawah. Hal tersebut dapat membantu relaksasi.
6. Jika kamu memilih menggunakan obat sebagai penetral rasa sakit, maka gunakanlah obat-obatan dengan pengawasan dokter. Boleh minum analgesik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat, asalkan dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari.
7. Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri.
8. Suhu panas merupakan ramuan tua yang patut dicoba. Gunakan heating (bantal pemanas), kompres handuk, atau botol berisi air panas, di perut dan punggung bawah, serta minumlah minuman hangat. Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri. (kalau aku pribadi paling sering mengamalkan carayg ini soalnya memang bener2 ampuh!)
9. Tidurlah yang cukup serta olahraga teratur (termasuk banyak jalan). Beberapa wanita dapat mengurangi rasa nyeri dengan berolahraga. Selain mengurangi stres, olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin otak, penawar rasa sakit alami dalam tubuh. Tidak ada pembatasan aktivitas olahraga selama haid.
10. Pada kasus yang sangat jarang dan ekstrem, kadang diperlukan eksisi pada saraf uterus.
11. Sebuah terapi alter­natif, yaitu visuali­sasi, dapat memban­tu mengurangi nyeri haid.
12. Sebagai tambahan, aroma terapi dan pemijatan juga dapat mengurangi rasa ti­dak nyaman. Pijatan yang ringan dan melingkar dengan menggunakan telunjuk pada perut bagian bawah akan membantu mengurangi nyeri haid. Mendengarkan musik, membaca buku atau menonton film juga dapat menolong anda yang mengalami nyeri saat haid.

so, ga ada salahnya tips2 itu kita ikutin terutama buat yg suka ngerasa sakit banget kalau lagi haid.. Ok dehh, semoga bermanfaat yaa... ^^

1 komentar:

post ur comment here ^^